MAKNA CINCIN PERNIKAHAN

Cincin nikah merupakan simbol dalam pernikahan, karena cincin nikah memiliki arti yang bermakna kalian akan lebih menghargai sebuah pernikahan. Dan cincin nikah sebuah lambing dalam janji pernikahan, akan tetapi mungkin ada makna lain yang belum kalian ketahui. Yuk simak makna cincin pernikahan.

  • Cincin nikah memiliki bentuk lingkaran

Dari jaman dahulu cincin merupakan perhiasan yanga sangat special. Karena cincin menjadi simbol lingkaran yang tidak akan hancur, cincin memiliki simbol keabadian tersendiri karena bentuk nya yang lingkaran tidak memiliki awal dan juga tidak memiliki akhir, jadi cincin nikah memiliki arti yang tidak terhingga dan tidak terbatas. Maka bentuk lingkaran dalam cincin bermakna ikatan cinta dan juga kesetiaan yang tidak ada batas nya diantara kedua mempelai. Dan sepasang cincin nikah memiliki arti lain yaitu akan menjadi kebersamaan selamanya dan berkomitmen tidak akan hancur.

  • Mengikat

Terikatnya pasangan selain oleh janji pernikahan yakni dengan lambang cincin nikah. Dan berjanji untuk hidup setia dengan ikatan cinta, maka kalian akan terus menjaga satu sama lain.

  • Kekuatan

Pada abad dahulu cincin merupakan perhiasan yang dibuat dengan bahan yang sangat mahak, dan hanya orang-orang tertentu lah yang bisa memakai cincin ini. Ketika cincin sudah menjadi salah satu simbol dalam pernikahan, makna ini menjadi kekuatan yang dilakukan kedua orang yang saling mengarungi kehidupan dalam pernikahan.

  • Saling Melengkapi

Bentuk lingkaran dalam cincin memiliki arti tanpa awal dan juga tanpa akhir sehingga saling melengkapi satu sama lain. Dan menggambarkan kehidupan manusia yang berputar seperti roda, ada kelahiran, kematian, kebahagiaan, dan juga kesedihan. Cincin ini bermakna sebagai kesatuan yang saling melengkapi dan saling menerima kekurangan.

  • Menaati Satu Sama Lain

Salah satu janji dalam pernikahan yaitu menuntut untuk setia satu sama lain, maka itu cincin nikah berguna sebagai tanda bahwa kedua pasangan saling menaati satu sama lain dan berjanji tidak mengkhianati janji nikah mereka, apabila mereka saling menaatin maka pernikahan mereka seperti cincin yang berbentuk bulat dan tanpa akhir.

0 comments on “MAKNA CINCIN PERNIKAHANAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *