Yuk Simak Cara Menghitung Hari Pernikahan Berdasarkan Weton

Kepercayaan merupakan simbol kemantapan hati. Jika seseorang melakukan sesuatu yang berdasarkan apa yang dia percayai, maka segala urusan akan berjalan dengan lancar. Termasuk soal memilih tanggal dalam melangsungkan hari pernikahan.

Perhitungan tanggal berdasarkan weton dalam adat jawa biasanya banyak yang mempercayainya, tetapi bukan berarti kamu juga harus percaya loh. Tetapi untuk kamu yang mau mengenalnya karena keluargamu memiliki budaya jawa yang cukup kental, berikut ini cara menghitungnya.

Pertama kamu dapat menghitung kapan hari pernikahan terbaik dalam adat jawa, tidak dapat terlepas dari hari lahir dan nama pasaran mempelai agar dapat dihitung nilainya (neptu).

Contohnya : Adam dan Nisa akan menikah. Adam lahir pada hari Sabtu Pahing dan Nisa lahir pada hari selasa Kliwon. Kapan hari terbaik mereka untuk melangsungkan menikah?

Jawab : Pertama kita perlu menentukan jumlah nilai (neptu). kamu dapat menggabungkan kedua hari lahir pasangan. Nilai pada setiap tanggalnya sudah ditentukan dalam table jawa.

Jika Adam lahir pada hari Sabtu Pahing yang jumlah neptunya 18. Nisa lahir pada hari Selasa Kliwon dengan jumlah neptunya 11. maka jika digabungkan kedua niptunya akan menjadi 29.

Hari baik untuk menikahnya pun sudah ada ketentuannya dalam adat jawa, yaitu :

Hari ke-1 = Sandang, bagus

Hari ke-2 = Pangan, bagus

Hari ke-3 = Papan (Joyo), bagus dan disarankan

Hari ke-4 = Loro, sering sakit

Hari ke-5 = Pati, ada yang meninggal.

Dari ketentuan diatas, maka hari baik untuk melangsungkan pernikahan yaitu hari ke-1, 2, atau ke 3. cara menghitung hari tersebut yaitu :

  1. Jumlah neptu kedua mempelai + hari baik : 5, maka harus sisa 3.
  2. 3 merupakan hari terbaikuntuk melangsungkan pernikahan.
  3. Misalkan (29 + hari baik) : 5 = 3
  4. Maka kamu dapat memakai angka 9 untuk hari baikmu. (29+9) : 5 = 7,6. Maka sisanya 3.
  5. Jadi hari terbaik kamu dalam melaksanakan pernikahan yaitu hari dengan neptu 9, yaitu hari Senin Legi dan Minggu Wage.

 

Itulah cara menghitung hari baik pada pernikahan menurut adat jawa, kamu harus tahu bahwa setiap daerah mempunyai cara sendiri dalam menghitung tanggal pernikahan. Untuk itu seringkali hasil yang didapat berbeda-beda.

 

lihat juga paket pernikahan jawa lengkap dan murah : https://tigadaracatering.id/paket-wedding

0 comments on “Yuk Simak Cara Menghitung Hari Pernikahan Berdasarkan WetonAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *