Apakah Mahar Uang Kertas Dilarang Undang-Undang?

Mahar uang kertas biasanya diberikan pada acara pernikahan islam di Indonesia. Alasannya karena mahar uang kertas ini dinilai simple dan dapat dijadikan kenang-kenangan atau pajangan. Biasanya mahar seperti ini disesuaikan dengan tanggal pernikahan. Mahar merupakan simbol pemberian harta dari calon suami untuk calon istrinya pada pernikahan. Untuk itu mahar ini biasanya dihias secantik mungkin.

Banyak pasangan yang memilih memakai uang kertas untuk mahar dengan melipat uang kertas tersebut menjadi berbagai bentuk. Tetapi terdapat UU yang melarang hal tersebut. UU tersebut dengan Nomor 7 Tahun 2011, Pasal 35 yg berbunyi : “setiap orang yang dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan, atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah)”.

Untuk itu kamu perlu berhati-hati, takutnya nanti kamu dapat kena hukuman pidana. Tetapi kamu juga tidak usah khawatir, kamu masih tetap bisa memakai mahar dengan bentuk uang kertas tanpa harus merusak bentuk uang kertas tersebut :

  1. Memakai Uang Kertas Mainan

Uang kertas mainan dapat menjadi pengganti, hanya untuk simbol saja. Mahar uang kertasnya tetap akan diberikan tetapi yang dilipat dan dibentuk hanya uang kertas mainannya saja. Kamu dapat meminta bantuan vendor penghias mahar untuk membentuk uang kertas mainan ini.

  1. Pakailah Beberapa Lembar Uang Kertas Dari Mahar Sebagai Simbol

Untuk pasangan yang akan menikah mahar uang kertas memang benilai tinggi, cukup sulit untuk menyusun dan menghias semuanya menjadi satu pajangan. Untuk itu, dapat diambil beberapa lembar uang kertas saja untuk dihias dengan menyusun seperti kipas.

Selain itu, kamu juga dapat memakai mahar uang kertas yang tidak sesuai dengan nominalnya. Mata uang asing juga dapat dipakai sebagai mahar, apalagi jika kamu dan pasanganmu suka jalan-jalan ke luar negeri. Pilihlah beberapa mata uang yang kamu sukai, tidak usah yang memiliki nilai yang mahal.

 

Baca juga paket pernikahan lengkap : https://tigadaracatering.id/paket-pernikahan-bandung

0 comments on “Apakah Mahar Uang Kertas Dilarang Undang-Undang?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *